Cara Mudah Install WordPress di Hosting

By - October 16, 2017 1 Comment

JagoanInfo – WordPress dikenal sebagai platform blogging yang paling populer pada saat ini. Pengguna baru sering terkejut saat saya memberi tahu mereka bahwa WordPress juga terkenal karena kemudahan pemasangannya. Semua perusahaan hosting web WordPress terbaik memungkinkan kamu menginstal WordPress dalam beberapa klik saja. Dalam kebanyakan situasi, menginstal WordPress adalah proses sederhana yang membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menyelesaikannya. Dalam tutorial menginstal WordPress ini, tujuan saya adalah menawarkan tutorial install WordPress yang komprehensif untuk pemula dan pengguna tingkat lanjut. Saya akan menunjukkan cara menginstal WordPress menggunakan Fantastico, Softaculous, dan SimpleScripts untuk pemula. Saya akan menjelaskan Cara Install WordPress di Hosting kamu.

Hal yang kamu butuhkan sebelum menginstal WordPress

Sebelum kamu menginstal WordPress, pertama kamu memerlukan nama domain dan perusahaan penyedia hosting yang baik untuk menjalankan WordPress.

Saya sangat menyarankan agar Anda menggunakan JagoanHosting karena mereka akan memberi kamu diskon domain dan paket hosting mereka. JagoanHosting juga merupakan penyedia hosting WordPress yang saya rekomendasikan.

Cara Install WordPress menggunakan FTP

Instalasi WordPress secara manual hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit. Namun, instalasi manual memiliki beberapa langkah tambahan, dan Anda memerlukan FTP untuk itu. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendownload versi terbaru WordPress. Unzip file tersebut, dan gunakan software FTP untuk mengupload file ke dalam direktori host web pilihan kamu.

Jika kamu ingin menginstal WordPress di domain root Anda (seperti jagoaninfo.com), maka kamu perlu mengunggah file WordPress ke direktori akar situs kamu. Biasanya direktori ini disebut / public_html /.

Di sisi lain, Jika kamu ingin menginstal WordPress di subfolder (seperti jagoaninfo.com/blog), maka upload di folder / public_html / blog /.

Setelah selesai mengupload WordPress, masuk ke control panel hosting kamu untuk membuat database. Saya menggunakan web hosting cPanel, jadi tangkapan layar saya dari cPanel. Di cPanel kamu, temukan ikon seperti ini:

Kamu akan melihat field untuk membuat database baru. Masukkan nama database kamu, dan klik “Create Database”.

Sekarang setelah kamu membuat database kamu, MySQL tetap membutuhkan username. Nama pengguna ini akan memiliki akses untuk mengakses database.

Pada halaman Database MySQL di akun cPanel kamu, scrol ke bawah ke bagian Pengguna MySQL. Cukup berikan nama pengguna dan kata sandi untuk pengguna baru kamu dan klik tombol ‘Create Database’.

User baru ini masih belum memiliki akses ke database yang kamu buat tadi. Untuk itu kamu perlu menambahkan user ke database dan memberikan izin untuk melakukan semua tindakan.

Pada halaman Database MySQL yang sama di akun cPanel kamu, scrol ke bawah ke bagian ‘Tambahkan Pengguna ke Database’. Pilih user database yang kamu buat dari menu dropdown di sebelah user, lalu pilih database, dan klik tombol add.

Kamu sekarang akan meminta hak istimewa yang kamu inginkan untuk mengizinkan pengguna ini. Pilih semua dan klik pada tombol Make changes.

Database dan MySQL kamu sekarang sudah siap, dan sekarang saatnya menjalankan instalasi WordPress.

Cukup masuk ke URL tempat kamu mengunggah WordPress. Jika berada di domain utama, maka masukkan nama domain kamu di browser, seperti jagoainfo.com atau www.jagoaninfo.com.

Kamu akan melihat halaman pilihan bahasa. Kamu dapat memilih bahasa indonesia agar kamu lebih paham. Kamu juga bisa menggunakan dalam bahasa Inggris jika kamu ragu akan bahasa indonesia dari WordPress.

Klik tombol Continue untuk melanjutkan.

Sekarang kamu akan melihat beberapa petunjuk instalasi. Pada dasarnya WordPress sekarang akan memberi tahu kamu bahwa kamu memerlukan nama database, kata sandi, dan informasi host mysql kamu.

Klik tombol ‘Let’s go!‘ untuk melanjutkan.

WordPress sekarang akan menunjukkan sebuah formulir. Kamu perlu memasukkan nama database yang kamu buat tadi.

Isi informasi lalu klik tombol Submit. WordPress sekarang akan terhubung ke database kamu dan akan menunjukkan pesan sukses kepada kamu.

Klik tombol ‘Run the Install‘ untuk melanjutkan.

WordPress sekarang akan membuat tabel di database kamu dan kemudian melanjutkan ke langkah berikutnya.

Sekarang kamu perlu memberikan beberapa informasi untuk WordPress untuk setup website kamu. Ini termasuk judul website, username, password, dan alamat email admin.

Jika kamu tidak ingin website kamu terlihat oleh mesin pencari, kamu dapat mencentang kotak di samping Visibillity itu. Jika website kamu sudah siap, kamu dapat menggantinya lagi dari setting WordPress. Jika kamu tidak yakin tentang apa yang harus dilakukan, maka biarkan saja tidak dicentang.

Klik tombol Install WordPress untuk melanjutkan. WordPress akan mengatur situs kamu  dan menyelesaikan instalasi.

Kamu akan melihat pesan sukses yang menunjukkan username kamu. Sekarang kamu bisa mengklik tombol Log in untuk masuk ke website WordPress kamu.

Baca Juga

Cara Memasang WordPress di Komputer Anda

Banyak yang menannyakan kepada saya apakah kalian bisa menginstall WordPress di komputer kalian sendiri ? Jawabannya adalah ya, tapi kebanyakan tetapi jika kamu pemula dalam hal wordpress, saya tidak menyarankannya.

Alasan karena menginstal WordPress di server lokal adalah untuk membuat tema, plugin secara custom.

Jika kamu ingin menjalankan blog untuk dilihat orang lain, maka kamu tidak perlu menginstal WordPress di komputer kamu. Jika kamu menginstal WordPress di komputer kamu, maka satu-satunya orang yang dapat melihat situs kamu adalah kamu sendiri.

Hal yang harus dilakukan Setelah Menginstal WordPress

Setelah kamu berhasil menginstal WordPress, langkah yang harus kamu lakukan adalah:

Memilih Tema

Tampilan visual situs web WordPress kamu dikendalikan oleh Tema. Ada ribuan tema WordPress yang tersedia untuk kamu pilih. Kamu tinggal memilih tema yang sesuai dengan blog kamu.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembacanya đŸ™‚

Blogger yang sedang mengejar mimpinya :D

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.