Artificial Intelligence (AI) untuk Searching Gambar? Kenapa Tidak?

By - December 24, 2017 1 Comment

Apakah mungkin melakukan searching dengan gambar ataupun video dengan Artificial Intelligence? Jawabnya ya.

JagoanInfo – Dengan mempelajari algoritma, Artificial Intelligence sekarang telah berhasil melakukan search melalui gambar. Penemuan tersebut dikembangkan oleh Tecnalia Research and Innovation Dartmoth College yang dibantu oleh Microsoft Research Cambridge.

Telah dilakukan uji coba untuk pengenalan gambar dan video berulang kali dan hasilnya memuaskan.

Lebih lanjut, Flickr juga telah mengembangkan pencarian via gambar, yang diberi nama Similarity Search. Caranya pun cukup mudah; arahkan kursor ke gambar, klik dan pilih menu…. Kemudian akan muncul “Search for similar photos” . Setelah itu, Artificial Intelligence akan bekerja.

Sedangkan untuk Google, yang diberi nama Google Search by Image, kita harus melakukan copy paste URL dulu. Setelah itu, upload gambar, drag and drop gambar dari desktop. Extension Firefox and Chrome.

Di Android (Smartphone), pencarian ini juga dapat dilakukan, yaitu dengan Google Image. Disini kita juga harus upload gambar, lalu pilih gambar mana yang mau dicari dan akan dilakukan pencariannya.

Teknologi ini juga bisa membantu Anda menemukan apakah suatu gambar hoax atau tidak. Karena, Google akan memberikan referensi gambar yang relevan dengan yang Anda upload tersebut. Ini juga bisa membantu Anda untuk menemukan gambar yang sama dengan resolusi sesuai yang Anda inginkan. Sehingga, tidak perlu dilakukan pengeditan pada gambar-gambar tersebut.

Selain itu, dengan teknologi ini, Artificial Intelligence juga dapat melakukan penilaian kualitas suatu gambar baik atau buruk. Manurut Google, “jaringan kami usulkan dapat digunakan untuk tidak hanya menilai gambar secara  andal dan dengan korelasi yang tinggi seperti persepsi manusia, tetapi juga berguna untuk berbagai tenaga kerja insentif dan tugas subjektif seperti kecerdasan dalam  mengedit foto, mengoptimalkan kualitas visual untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, atau meminimalkan kesalahan visual yang dirasakan dalam sebuah render gambar.”

Dengan kecanggihannya ini, Artificial Intelligence diharapkan dapat semakin memudahkan pekerjaan manusia dengan melakukan pencarian via gambar.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.