Mana Jagoan Kalian!!! AMD atau Intel?

By - September 27, 2017 10 Comments

JagoanInfo – Jika kamu menginginkan kecepatan di komputer kamu, maka kamu harus tau apa yang membuat komputer atau laptop kamu dapat berjalan dengan cepat.

Kamu pasti sering mendengar kata “prosesor“. Nah, Prosesor inilah adalah otak dari sebuah komputer, laptop, bahkan smartphone juga memakai prosesor. Prosesor merupakan komponen utama yang sangat penting di dalam kamputer ataupun laptop. Tanpa Prosesor, komputer hanyalah rongsokan teknologi yang tidak dapat digunakan.

Bayangkan saja, jika kamu mempunyai sebuah komputer atau laptop tetapi tidak memiliki prosesor ? pasti komputer kamu tidak berguna sama sekali tanpa adanya prosesor. Untuk itu setiap komputer pasti membutuhkan prosesor.

Ada banyak merk prosesor yang telah dibuat, seperti Cyrix, Arm, VIA, Transmeta, dan lain lain. Tetapi yang paling terkenal itu adalah AMD dan Intel. Kedua Prosesor ini bersaing ketat dalam mendapatkan reputasi di pasaran maupun gelar sebagai prosesor terbaik di dunia.

Banyak orang yang suka dengan AMD karena kelebihannya, dan ada banyak juga orang yang menyukai Intel karena kelebihan Intel. Menurut saya, kedua prosesor tersebut sama-sama memiliki performa dan kredibilitas serta integritas yang sangat baik dibandingkan dengan prosesor lainnya. Tetapi Mana Jagoan Kalian, AMD atau Intel ?

AMD atau Intel ?

Setiap buatan manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sama halnya dengan kedua prosesor rival tersebut yang memiliki kekurangan dan kelebihan.ย  Untuk itu mari kita bahas kekurangan dan kelebihan dari kedua prosesor tersebut.

Jika kamu masih bingung untuk memilih AMD atau Intel, maka bacalah artikel ini sampai selesai agar kamu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari kedua prosesor tersebut.

ADM

Kelebihan AMD :
  1. AMD lebih Murah dari Intel

Jika kamu merupakan seorang gamers yang low budget, maka kamu cukup beruntung karenan prosesor yang baik untuk para gamers itu harganya cukup murah dibandingkan dengan Intel. Hal tersebut disebabkan olehย  AMD belum mendominasi kendali pasar dunia, Tetapi jika AMD berhasil mendominasi pasar dunia, bisa jadi prosesornya jauh lebih mahal dibandingkan dengan Intel.

2. Lebih Unggul di Grafis

Point berikutnya untuk para gamers. Selain harganya yang lebih bersahabat, kualitas prosesor AMD sangat baik untuk bermain game karena tampilan grafis dari game akan lebih menarik jika menggunakan AMD. Tetapi untuk yang suka bermain video disaratkan untuk memilih Intel, karena Intel cepat dalam proses render.

3. Sensitif Terhadap Virus

AMD saat ini dibekali dengan kemampuan untuk mendeteksi virus. Kemampuan tersebut dinamakan Enchanced Virus Protection (EVP). Kemampuan ini berguna untuk mengecek apakah ada virus yang terdapat pada program yang akan dijalankan.

4. Lebih Baik Dalam Menangani Aplikasi 64bit

Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali aplikasi yang berbasis 64bit menjadi tren. Salah satu kelebihan prosesor AMD ini yaitu kemampuannya yang sangat baik ketika sedang menjalankan aplikasi berbasis 64bit.

Itulah kelebihan dari Prosesor pada gamers tersebut. Sekarang saya akan membahas tentang kekurangan prosesor tersebut.

Kekurangan AMD :
  1. Lebih Cepat Panas

AMD tidak menggunakan heatsink sebagai komponen pendingin utamanya, oleh karena itu AMD lebih cepat mengeluarkan hawa panas. Disarankan untuk menggunakan pendingin tambahan untuk mencegah prosesor kepanasan.

2. Tidak Untuk Multimedia

Jika kamu seorang designer, tidak di sarankan untuk memakai laptop dengan prosesor AMD, lebih baik kamu memilih Intel, karena Intel dirancang untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan multimedia

Intel

Kelebihan Intel
  1. Tidak Mudah Panas

Prosesor Intel dirancang untuk dapat mengatur suhu / temperatur saat saat laptop atau komputer bekerja. Tekanan suhu ya tinggi dari laptop akan langsung di tangani oleh prosesor Intel. Oleh karena itu intel tidak mudah panas walau dipakai bekerja berjam-jam.

2. Tidak Berisik

Hal yang menyenangkan dalam memilih prosesor intel adalah prosesor tersebut memiliki kinerja yang tidak berisik. Hal ini karena Intel menggunakan heatshink sebagai pendingin aktifnya.

3. Baik dalam Multimedia

Prosesor Intel sangat baik jika untuk seorang designer, youtuber, atau membuat video, karena Intel sangat baik dalam proses rendering. Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana jika saya merender video dengan menggunakan prosesor AMD. Jawabannya bisa, tetapi akan memakan waktu yang lama dari pada Intel untuk proses rendering.

Kekurangan Intel
  1. Biaya Yang Mahal

Jika di bandingkan dengan harga dari prosesor AMD, Intel jauh diatas AMD. Intel memiliki harga pasaran yang cukup mahal bila dibandingkan dengan AMD. untuk itu disarankan untuk memilih AMD jika kamu hanya mempunyai budget yang pas-pasan.

2. Sangat Tidak Disarankan Untuk Ngegame

Untuk seorang gamers, tidak disaratkan memilih prosesor ini, karena Intel tidak terlalu unggul dalam segi grafis. Ini merupakan solusi bagi para gamers untuk memilih prosesor mana yang lebih baik pada saat bermain game.

Itulah beberapa kelebihan kekurangan dari Prosesor yang telah menjadi rival abadi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, dan yang mana pilihan mu ? Silahkan Tuliskan di Kolom komentar prosesor mana yang menajdi Pilihanmu.

 

Blogger yang sedang mengejar mimpinya :D

10 Comments

  1. Anto

    Saya masih pake intel sih bos…
    Terima kasih
    Ahadweb.com

  2. Rama putra

    Saya lebih suka AMD jika berurusan dengan dunia game dan animasi gan

  3. Masri ade

    Jagoan saya yg murah meriah Gan, numpang jemuran ya review Gadget terlengkap https://jadimurah.com Sukses terus mas

  4. Ryan gunawan

    kalau saya sih lebih milih intel, yah walaupun mahal dikit gpp lah. dan betul klo di pake buat multimedia memang lancar. kalau soal game sih boleh aja gan, yah walaupun di grafik low asalkan main gitu wkwk. nice info gan ๐Ÿ™‚

  5. Beeto

    Koreksi saja, platform AMD sudah berkembang pesat. Dengan munculnya seri Ryzen, kekurangan-kekurangan yang disebutkan oleh penulis pada kekurangan AMD sudah teratasi. Akan tetapi muncul masalah baru bagi AMD yaitu efisiensi daya. (Intelfans no offense)

  6. Wahid

    Jagoan saya pkai intel..

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.