Canon atau Nikon ? Tips Memilih Kamera Untuk Photographer Pemula

By - October 15, 2017 9 Comments

Jagoaninfo – Canon atau Nikon ? Entah kenapa Sering kali kalian bingung saat ingin membeli kamera DSLR, bisa jadi itu nikon atau pun canon.

Pertanyaan yang paling sering di tanyakan oleh fotografer pemula sampai saat ini adalah lebih baik mana Canon atau Nikon ? Para fotografer pro tidak lagi memperdebatkan perbedaan teknis diantara keduanya, dan tidak lagi menjadi faktor penentu untuk memilih kamera.

Teknologi Canon dan Nikon

Karena merk-nya saja sudah berbeda, maka kualitas produknnya pun berbeda. Nikon merupakan perusahaan multinasional asal jepang tepatnya di Tokyo, salah satunya yang dijual adalah kamera. Dari faktor usia, Nikon jauh lebih tua dibandingkan dengan Canon, namun untuk segi kualitas, mereka sangat bersaing.

Untuk segi teknologi beberapa fotografer profesional menilai jika kamera yang diluncurkan oleh Canon sedikit lebih unggul dengan sistem image processing yang selalu bisa menjaga frame rate dengan sangat cepat, jauh lebih cepat dari pada Nikon dengan kata lain gambar yang dihasilkan dari kamera Canon jauh lebih halus sehingga fotografer tidak perlu melakukan banyak proses editing.

Kualitas Ketahanan Kamera

Jika bicara soal kualitas kamera mana yang lebih unggul maka kamu bisa mencari mengenai kelebihan dan kekurangan Kamera Nikon dan Canon. Dari segi kualitas ketahanan kamera, banyak fotograper yang berpendapat kamera Nikon jauh lebih baik, namun sebagian juga ada yang berpendapat kedua kamera tersebut mampu bertahan dengan sama kuatnya.

Dari ketahanan fisik, mungkin Canon jauh lebih unggul dibandingkan Nikon, mengingat kamera Canon mampu bertahan dan digunakan setelah disiram dengan air panas, sedangkan Nikon akan mengalami kerusakan pada tombol shutter.

Untuk ketahanan kamera semua itu kembali ke pemiliknya masing masing, Selagi kamu menjaga kamera mu, otomatis usia kamera mu dapat bertahan lama.

Baca Juga

Harga

Untuk harga, fotografer pemula disarankan memilih Canon, sebab harga Lensa ataupun kamera Canon jauh lebih terjangkau di bandingkan Nikon. Harga jual kemare Nikon dan Canon itu berdasarkan tipe kameranya, Jika kamera yang kamu inginkan adalah kamera jenis baru dengan fitur-fitur terbaik, maka harga jual setiap unitnya bisa sangat mahal.

Untuk itu saya sarankan untuk fotografer pemula lebih baik memilih Canon. Karena dalam pengoperasian kameranya, Canon jauh lebih simpel untuk ngeoperasikan kemarenya. Menu-menu yang terdapat di kamera Canon jauh lebih sedikit dan mudah di pahami ketimbang Nikon. Jadi kamu yang belum terlalu paham akan kamera sangat mudah untuk memakai kamera Canon.

Dan kembali lagi ke penggunanya. Apapun merk kamera dan bagaimana pun kelebihan dan kekurangannya, ininya adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan kesukaan yang diikuti pula oleh budget kalian. Meskipun banyak kamera yang ditawarkan, maka kamu akan cendrung memlih kamera yang paling kamu sukai, terlepas dari harganya jauh lebih mahal atau lebih murah.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembacanya 🙂

Blogger yang sedang mengejar mimpinya :D

9 Comments

  1. Koala

    Terima kasih infonya, jadi makin yakin milih yang mana

  2. Jodi Siburian

    Kalo gw yang penting ada,

    Bisa buat shot, itu aja 😂

  3. Multiply-Education

    thanks gan setidaknya, bisa nabung dulu untuk menjadi fotografer

  4. Fandy

    wow sangat murah Dan juga sangat bermutu. Terimakasih atas informasi nya

  5. Indra

    Kalo saran saya buat pemula pakai canon 700d aja hehe kalo bisa langsung ke 60d biar tambah PD dikit hehe

    ,tpi menurut saya dari berbagai body camera, yang utama adalah lensanya hehe
    Kamera bagus kalau lensanya standart ya sama aja , bokehnya gk kelihatan 🙂

    Salam kenal min
    Www yukgas id

    • Ihsan FauziAuthor

      hahaha semua tergantung budget masbro, 😀 ada yg sanggupnya hanya di 1200D atau 1300D

  6. Heru Cakiel

    bermanfaat banget nih buat ane yg tukang poto.. hehe..

  7. Mayuf

    Wah baru tahu sedetail ini saya, thanks sharing nya gan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.