Negara Asia dengan Teknologi Canggih

By - January 23, 2018 No Comment

Disini kita akan membahas lima negara Asia dengan teknologi canggih. Negara-negara tersebut yaitu Malaysia, India, China, Korea Selatan, dan Jepang.

Kita akan mulai dari negara terdekat kita, yaitu negeri jiran, Malaysia dan akan disusul oleh India, China, Korea Selatan dan terakhir Jepang, sebagai negara Asia termaju dalam industri teknologi.

Mengapa dipilih kelima Negara tersebut? Mari dibaca artikelnya. Jangan lupa klik iklan dan komen bila artikel ini dirasa membantu ataupun menarik ya? ^^

  1. Malaysia

Malaysia merupakan pendatang baru di bidang industry teknologi dunia. Namun, ia berhasil menjadi produsen semi konduktor dan microchip yang dimotori oleh Vitrox Corp. Teknologi tersebut digunakan pada beberapa teknologi high-end yang berhasil menaikkan sahamnya sebesar 24% pada tahun 2017.

Para pakar menduga ekonomi digital akan menjadi 20% GDP Malaysia kira-kira pada 2020. Pemicunya antara lain adalah inovatif startup yang telah diluncurkan di Malaysia.

  1. India

Seperti diketahui bahwa India adalah Negara dengan anak-anak muda melek teknologi yang cukup banyak di Asia. Reward-nya adalah Negara ini masuk dalam daftar Negara dengan kemajuan teknologi paling tinggi.

India menghasilkan 100 milyar dolar selama setahun, mulai tahun 2016 – tahun 2017. Jumlah ini merupakan 10% dari GDP Negara ini.

Salah satu contoh perusahaan yang menorehkan kisah suksesnya adalah Infosys yang sekarang sudah beroperasi di seluruh dunia setelah memulai investasi hanya dengan 250 dolar.

  1. China

China mengalami pertumbuhan yang mengesankan dalam bidang ekonomi. Menurut rencana pembangan 5 tahunan yang terbit pada tahun 2016, Negara ini bermaksud menghasilkan 60% GDP dari IPTEK sebelum 2020.

Perusahan perangkat keras seperti Huawei mulai merambah ke pasar telepon pintar. Sementara itu, Baidu terus mendominasi pasar domestic dengan pengguna aktif lebih dari 70 juta orang.

Ditambah lagi dengan adanya Alibaba, situs ritel yang menjual mulai dari barang elektronik, hingga layanan rela estate.

  1. Korea Selatan

Korea Selatan mengalami kemajuan teknolog pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21. Padahal sebelumnya ia bias dibilang bukan apa-apa di industry ini.

Hal tersebut dikejar pada tahun 2014 yang menempatkan negeri ginseng itu menjadi Negara dengan pereknomian terbesar ke-14 di dunia.

Adapun cara yang dilakukan Korea Selatan adalah dengan mendorong startup bidang teknologi, sekaligus menjadi rumah bagi beberapa teknologi  paling sukses sedunia. Misalnya perusahaan Samsung, yang menjadi perusahaan teknolog terbesar ke-2 sedunia. Penjualannya mencapai US$174 miliar pada tahun 2017.

  1. Jepang

Jepang berhasil sukses dalam bidang ini karena pemerintahannya yang sangat mendukung industry ini.

Pada 2016, Jepang member investasi sebesar 1 % GDP per tahun untuk bidang IPTEK. Atau setara dengan 26 triliun yen selam 5 tahun ke depan untuk investasi terutama teknolog dan startup kecil dan menengah

Beberapa perusahaan Jepang yang menjadi raja teknologi di dunia antara lain Sony, Toshiba, Mitsubishi, dan Panasonic.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.