Tak Disangka Kesalahan teknologi yang bermanfaat Menghasilkan Teknologi Paling Bermanfaat

By - July 19, 2018 No Comment

Kesalahan teknologi yang bermanfaat, Berbagai penelitian dilakukan untuk mendapatkan teknologi yang dapat memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-harinya.

Bahkan beberapa teknologi sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup seperti pada dunia medis. Namun, fakta menunjukkan bahwa beberapa teknologi paling bermanfaat dibuat dari kesalahan penelitinya.

Tahukah Anda jika plastik, rontgen, stainless steel dan beberapa teknologi lainnya tercipta dari sebuah kesalahan? Padahal teknologi tersebut sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Ini dia ulasannya.

Plastik

Plastik merupakan salah satu teknologi paling bermanfaat yang tercipta karena kesalahan. Di awal tahun 1990-an bahan pilihan serbaguna yang digunakan bernama lak atau shellac. Dengan alasan merusak lingkungan, kemudian bahan tersebut tidak digunakan lagi.

Seorang ahli Kimia yang bernama Leo Hendrik Baekeland berusaha mencari bahan lain sebagai pengganti shellac. Ia pun menemukan bahan yang bisa dipanaskan dan dapat dibentuk dengan suhu tinggi tanpa mengalami distorsi.

Ternyata hasilnya malah tidak sesuai dengan yang diharapkan. Nah, benda tersebut adalah yang saat ini dikenal dengan nama plastik dan digunakan oleh semua orang untuk berbagai macam kebutuhan.

Microwave

Namun, berkat keisengannya tercipta microwave yang bisa digunakan untuk memanggang, memanaskan makanan, dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan dapur.

Rontgen

Anda tentu tak menyangka bahwa teknologi paling bermanfaat di dunia medis ini berasal dari kesalahan. Pada tahun 1895, Wilhem Roentgen melakukan kesalahan yang tidak sengaja menggunakan sinar katoda.

Dalam percobaannya, Wilhem menemukan bahwa kardus neon pada seisi ruangan dapat menyala. Padahal terdapat lapisan tebal yang memisahkannya. Dari situlah kemudian digunakan sinar katoda untuk menembus kulit manusia yang kemudian dikenal dengan alat Rontgen sesuai dengan nama penemunya.

Super Glue

Penemu teknologi ini adalah Harry Coover yang merupakan peneliti senior di Kodak Laboratories. Pada mulanya Harry akan mengembangkan sebuah lensa plastik untuk digunakan pada bagian pengeker senapan. Ia pun membuat perekat sintetis dengan bahan cyanoacrylate.

Karena hasilnya kurang baik maka Harry memutuskan untuk tidak menggunakan lem tersebut. Namun, beberapa tahun kemudian, bahan tersebut justru digunakan menjadi lem super dan dijual dengan nama dagang Super Glue.

Dinamit

Bahan peledak ini sangat banyak digunakan dalam perang dan berbagai pertempuran. Berawal dari kesalahan dan berakhir dengan penyesalan mungkin kalimat yang tepat untuk menggambarkan tentang dinamit.

Alfred Nobel, sang penemu merasa menyesal telah menemukan bahan peledak ini. sebab, penggunaannya lebih banyak penyalahgunaan, terutama dalam peperangan. Awalnya, Nobel melakukan penelitian untuk menyempurnakan nitrogliserin yang dikenal ketidakstabilannya.

Dengan ketidaksengajaan akhirnya Nobel menemukan metode dengan kandungan substansi tanpa menghalangi kekuatan dari bahan tersebut sehingga menghasilkan sebuah ledakan yang begitu kuat. Dari situlah akhirnya ditemukan dinamit yang kemudian disesalinya.

Anestesi

Teknologi paling bermanfaat yang berasal dari kesalahan ini sangat penting dalam dunia medis. Anestesi atau pembiusan akan membuat pasien mati rasa sehingga rasa sakit tidak akan dirasakan dalam tindakan operasi atau pembedahan.
Anestesi ditemukan oleh William Morton, Crawford Long dan Charles Jackson yang melakukan penelitian terhadap efek anestetik dari berbagai jenis obat, salah satunya adalah nitrous oxide atau dikenal sebagai gas tertawa.

Zat ini sering disalah gunakan untuk berbagai kepentingan sehingga ketiga peneliti tersebut melakukan percobaan terhadapnya dengan membuat sistem anestesi dengan bahan tersebut.

Stainless Steel

Stainless steel merupakan bahan anti karat yang umumnya dipakai untuk berbagai alat dapur. Tak disangka bahwa percobaan gagal dari Harry Brearly untuk mengembangkan sebuah senapan yang anti karat malah menjadi sangat bermanfaat. Ahli metalurgi asal Inggris tersebut membuat kesalahan yang justru sangat berguna.

Teknologi paling bermanfaat di berbagai bidang ini ternyata tercipta dari kesalahan penemunya. Tak disangka jika kegagalan dan kesalahan bisa membawa perubahan yang besar di dunia. Jadi, dibalik kegagalan seseorang pasti menyimpan sebuah pembelajaran bahkan manfaat yang bisa mengubah dunia.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.