Kenapa Harus Menggunakan WordPress, Bukan Blogspot ? Ini Alasannya

By - September 30, 2017 11 Comments

JagoanInfo – Dijaman sekarang sangatlah mudah untuk membuat website sendiri. Sudah sangat banyak tersedia platfrorm Content Management System (CMS). Pertanyaan yang muncul setelah itu adalah “CMS / Platform apa yang cocok untuk membuat website bisnis ataupun ngeblog ?

Mungkin kalian teman teman kamu pernah menyarankan untuk menggunakan Tumblr, Blogger, Joomla, Drupal, ataupun CMS – CMS lainnya. Namun Saya sangat menyarankan kamu tentang CMS apa yang cocok digunakan untuk membuat website bisnis ataupun blog, maka saya akan merekomendasikan WordPress.

Dan Kenapa Harus Menggunakan WordPress ? Ini dia 5 Alasan Mengapa Kamu harus menggunakan WordPress untuk website kamu.

1. Open Source Alias Gratis

Free Alias Open Sourch

Alasan yang sangat mendasar untuk menggunakan wordpress karena WordPress itu Gratis. Namun Terdapat dua cara untuk memulai menggunakan wordpress, cara gratisan dan berbayar (self-hosted).

Untuk kamu yang benar-benar ingin memulai WordPress dengan gratisan, kamu dapat memulainya di WordPress.com. Namun setiap yang gratisan pasti mempunyai batasan akses ataupun yang dapat dilakukan dan dapat menghalangi anda. Contohnya seperti domain kamu jika menggunakan yang gratisan pasti tentunya akan diikuti dengan wordpress.com hingga keterbatasan mengakses penyimpanan file – file kamu.

Berbeda dengan kalau kamu menggunakan yang berbayar (self hosted), kamu hanya membutuhkan Layanan Hosting Yang Terpercaya untuk menjalankan wordpress. Seperti yang saya katakan sebelumnya, wordpress itu gratis, kamu hanya perlu membayar hosting saya. Dengan kamu memilih self hosted kamu mendapatkan layanan seperti

  • Mempunyai nama domain sendiri tanpa adanya embel -embel wordpress.com.
  • Sistem Keamanan https (SSL Certificate).
  • Kapasitas penyimpanan yang besar.
  • Dll.

Dan kamu juga harus tahu, WordPress bersifat Open Source. yang artinya kamu dapat memodifikasi layanan WordPress ini. Terus hubungannya dengan blogger apa ya ?

Karena Open Source, banyak programmer diluar sana yang membuat themes dan plug-in wordpress yang sangat bermanfaat untuk website kamu nantinya. Hal ini yang membuat Kenapa Kamu Harus Menggunakan WordPress.

2. Panel Admin WordPress Yang Mudah Di Pelajari

Free Alias Open Sourch

Jika kamu blogger pemula mungkin akan kesulitan jika menggunakan blogger ataupun joomla. Karena terkadang membutuhkan koding jika ingin mensetting sesuatu.

Tentunya sangat berbeda dengan WordPress yang tidak perlu memerlukan skill koding. WordPress sudah menyediakan Dashboard untuk menavigasi keperluaan kamu dengan mudan. WordPress sendiri menjadi layanan CMS yang paling terkenal di dunia dan sangat banyak orang yang menggunakan WordPress untuk website mereka.

Itulah alasannya kamu harus menggunakan wordpress untuk memudahkan kamu melakukan sesuatu tanpa perlu khawatir dengan koding.

Baca Juga : Cara Mengetahui Template/Theme WordPress Orang Lain

3. Tersedia berbagai macam Theme dan Plugins yang Gratis

Kenapa saya merekomendasikan kalian menggunakan wordpress karena tersedianya ribuat Themes dan Plugins untuk website kamu. Dengan banyaknya themes dan plugin yang tersedia kamu dapat mendesain website kamu dengan beragam desain template dan memaksimalkan kinerja website kamu dengan plugin yang tersedia.

Sangat berbeda dengan CMS – CMS lainnya yang keterbatasan akan plugin yang kita butuhkan.

4. Dapat Menyimpan Beragam Format File

Kelebihan lainnya dari wordpress adalah dapat menyimpan beragam format file untuk kebutuhan website kamu seperti Foto, Video, Lagu, hingga format dokumen lainnya.

Pasti website ataupun blog kamu isinya bukan hanya berupa tesk saja kan ? Sebuah website pastinya sangat membutuhkan gambar atau video untuk memperindah tampiilan website dan untuk mendukung konten yang akan kamu baut nantinya.

Dan jika kamu ingin memasukkan sesuatu seperti video dari youtube, post dari facebook ataupun foto dari instagram, kamu hanya perlu mempastekan link URL embed kode ke postingan kamu. Mudah bukan ? Itulah kenapa kamu harus menggunakan WordPress.

5. WordPress Sangat Friendly Dengan Seach Engine Optimization (SEO)

Seach engline Optimization atau yang biasa disebut SEO adalah salah satu stategi dari Internet Marketing untuk mengoptimisasi website kamu agar muncul di halaman pertama Google.

Itulah salah satu mengapa WordPress menjadi platform favorit di seluruh dunia. Oleh karena itu, alasan – alasan diatas menjelaskan mengapa kamu harus menggunakan wordpress. Semoga artikel ini bermanfaat untuk yang masih bingung menentukan CMS apa yang akan kamu gunakan.

Bagaimana dengan website kamu ? Apakah menggunakan WordPress atau menggunakan CMS lainnya ? Silahkan tinggalkan komentar dibawah.

Blogger yang sedang mengejar mimpinya :D

11 Comments

  1. Ok

    Open source, bukan Open sourch

  2. Om Gazz

    Bener banget um, terutama jika benar benar ingin serius membuat situs untuk hasil yang memuaskan emang bagusnya pake wordpress, dari yang sebatas buat blogging sampai bisnis bikin ecommerse di wordpress bisa dan plugin plugin yang tersedia emang banyak dan bagus untuk mendukung performa wp kita. nice post gan

  3. Oki Firman

    masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sih gan, klo saya pake dua duanya hehehe…

  4. Asdita

    Membandingkan blogspot dengan wordpress seperti membandingkan mie ayam dan bakso, tau sandiri kan bagaimana

  5. Ika savoy

    Ane udh terlanjur blogspot minded sih, dlu pernah main wp juga,, hhe

  6. We Are Indonesia

    klau saya sendiri suadh banyak pengalaman memakai flatform blg, mulai dari blogdetik, mywapblog,blogger, wordpress, blogponsel dll, tapi sekarang saya memakai wordpress, menurut saya lebih enak

  7. Mp3terpadu

    wordpress emang terbaik, terbukti kalau udah pake wordpress bakalan malas make flatform yg lain

  8. kutulus

    Belum punya cukup dana gan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.