Bus Tanpa Pengemudi Pertama di China

By - January 1, 2018 No Comment

JagoanInfo – 4 bus tanpa pengemudi pertama telah diujicoba di Shen Zhen, China. Mobil tanpa pengemudia tersebut mempunyai awak penumpang berjumlah  19 orang. Ia dapat berjalan dengan stabil dan dapat berhenti tepat di halte-halte. Hanya saja ada komplain remnya terlalu kencang.

“Di persimpangan “T”, sebuah mobil pribadi tiba-tiba berbalik kearah kami dan tiba-tiba ia melambat, namun remnya sedikir terlalu kencang, kata seorang penumpang.

Bus tersebut tidak berbeda dengan bus pada umumnya. Hanya saja, tidak ada pengemudi di balik kemudi. Bus yang dinamakan Alphaba ini didesain sesuai rute yang secara otomatis menghindari jalur trotoar, melaju dengan cepat atau lambat, berhenti mendadak, mengubah jalur, dan melaju sesuai petunjuk lalu lintas.

Sejauh mana Bus dapat Melaju ?

Saat uji coba, Alphaba menempuh jarak 1,2 km yang melalui 3 tempat pemberhentian di distrik Futian dengan kecepatan hingga 40 km / jam yang ditempuh dalam waktu 5 menit.

Untuk mendukung keamanan, Alphaba telah dibekali dengan 7 sensor keamanan, termasuk sensor laser, infra merah, radar, dan system pemindai visual.

Shen Zhen Haylion Technologies selaku pengembang teknologi bus tanpa pengemudi mengaku merogoh kocek hingga 500 yuan (1 milyar) untuk mengembangkan model percontohan.

Alphaba diharapkan bias menekan penurunan emisi dan kemacetan lalu lintas di China.

Teknologi ini telah berkembang pesat di seluruh dunia dalam beberapa tahun terkahir. Hal itu dikarenakan raksasa internasional di industry internet dan mobil semua mempercepat pengembangan produk mereka sendiri.

Pada bulan Agustus lalu, China Railway Rolling Stock Corp menguji gerbong tanpa driver sepanjang 12 meter di Beijing.

Yu Gang ketua Shen Zhen Bus Group Go (salah satu dari tiga perusahaan bus besar di kota selatan dan operator Alphaba), mengatakan bahwa selain mengemudikan teknologi, system penggerak cerdas yang baru juga mencakup analisis volume penumpang cerdas dan fitur lainnya.

Uji coba empat Alphaba ini telah mencakup 8.000 kilometer sejauh ini diberbagai bagian Shen Zhen selama empat bulan terakhir. Alphaba akan masuk operasi formal jika disetujui.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.