Kamera Mahal Lensa Murah atau Sebaliknya?

By - December 25, 2017 24 Comments

Mana yang lebih penting kamera mahal lensa murah atau sebaliknya? Jawabnya adalah lensa yang mahal tapi kamera murah.

JagoanInfo – Memang benar bila ada yang berargumentasi bahwa hal tersebut tergantung kebutuhan. Namun, sebelum kita membahas hal tersebut,mari kita bahas sedikit pemahaman mengenai kebutuhan kamera dan lensa.

Kamera digital melalui teknologi sensor dan processor mengendalikan warna, kontras, dan noise di ISO tinggi. Selain itu, semakin bagus kamera, kinerja kamera semakin cepat baik dalam hal pengoperasian dan auto focus.

Sedangkan lensa menentukan aperture yang bias digunakan, ketajaman, kehalusan bagian yang tidak focus, detail halus yang bias ditangkap, ketahanan terhadap flare saat lensa menghadap sumber cahaya langsung, warna, distorsi, dan vinyet.

Jenis fotografi juga menentukan perbedaan kualitas antara kedunya. Jika memotret dengan cahaya yang terkendali seperti di dalam studio, atau cahaya yang cukup, kamera pemula dengan basic lens yang murah sudah sangat baik. Sebaliknya, jika memotret di pencahayaan yang terlalu kontras, gelap atau perlu memotret berturut-turut dengan cepat, maka kamera yang lebih baik lebih bagus.

Jadi, bias dikatakan bahwa keduanya sangat penting untuk pemotretan. Namun, bila harus memilih, maka kamera murahlah yang jadi pilihan. Mengapa? Karena harga kamera cenderung jatuh dan diganti dengan kamera baru yang lebih canggih.

Sekedar info, lensa ditentukan oleh beberapa hal, yaitu :

  • Panjang focus

Semakin pendek focus semakin lebar pandangan yang diperoleh. Sedangkan semakin panjang focusnya, semakin sempit sudut pandangnya tetapi semakin tinggi perbesaran objek yang terekam, atau sering disebut dengan zoom lens.

  • Fix lens and zoom lens

Fix lens lebih kecil dari zoom lens serta menghasilkan efek blur yang lebih baik

  • Fast lens

Fast Lens ini sangat baik digunakan di kondisi yang kurang pencahayaan tanpa harus menurunkan shutter speed dan menaikkan ISO, sehingga hasil pasti lebih baik. Sebagai contoh, memotret seorang penari.

  • Fix & Variable Aperture

Lensa yang dibuat dengan fix aperture biasanya lebih mahal daripada yang dibuat dengan variable aperture.

Demikian sedikit informasi dari kami. Smoga bermanfaat….

Baca Juga

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.